10 Cara Mengatasi Kecanduan Game Online yang Patut Dicoba

The best way to pay for a lovely moment is to enjoy it.

Di masa digital mirip sekarang ini, game online tergolong hiburan yang sungguh disenangi oleh banyak orang. Sayangnya, tidak sedikit yang mulai kecanduan hingga melewatkan hal-hal penting di sekitarnya, mulai dari kesehatan fisik, pekerjaan, hingga tidak ingin bersosialisasi.

Bermain game memang tidak tidak boleh, namun bila sudah kecanduan, ada baiknya mulai melakukan perbaikan demi menangani ketergantungan dengan game online yang mungkin memiliki imbas buruk. Nah, bagaimana cara mengatasinya? Coba ikuti beberapa tips yang sudah dirangkum Carisinyal di bawah ini.

1. Buat Jadwal Bermain Game Online

*Sumber: Canva

Orang yang telah kecanduan memang tidak bisa eksklusif berhenti atau meninggalkan game online kesayangannya. Tapi jikalau memang bermaksud untuk berhenti, setidaknya ia mampu meminimalisir intensitas bermainnya. Salah satu cara yang bisa dicoba yakni dengan menciptakan acara bermain game secara ketat.

Sebagai acuan, bila selama ini kamu mampu hingga sehari penuh di depan gadget, kini kamu cuma boleh bermain game online selama 5 jam setiap harinya. Jangan lupa pastikan juga pukul berapa kau boleh memainkan game tersebut. Yang terpenting ialah jadwal ini mesti dipatuhi.

Kamu pun harus membiasakan diri untuk disiplin dan mematuhi acara yang telah dibuat. Bila telah terbiasa, kau mampu meminimalkan lagi waktu bermainmu. Bila awalnya hanya boleh bermain game selama 5 jam, coba minimalisir lagi menjadi 3-4 jam setiap harinya. Lakukan secara bertahap sampai kamu betul-betul lepas dan tidak bergantung pada game tersebut.

2. Jauhkan Diri dari Gadget

*Sumber: www.inc.com

Orang yang kecanduan game online lazimnya sebab ia terbiasa memegang gadget, entah itu ponsel pintar, tablet, atau laptop. Jadi di saat kamu mulai kecanduan dan ingin berhenti, mulailah menjauhkan diri dari gawai apapun.

Salah satu caranya yaitu dengan meletakkan gadget di luar kamar. Saat sedang bersantai di kamar, kamu mungkin cenderung memegang ponsel pintar atau gawai lainnya dan secara otomatis membuka aplikasi game. Mulai sekarang, coba biasakan diri untuk tidak memegang gadget setiap saat biar tidak merasa ketergantungan.

3. Potong/Kurangi Budget Bermain Game

*Sumber: www.contemporarystaffing.com

Bagi orang yang sudah kecanduan, mengeluarkan banyak uang demi game online yakni hal yang telah biasa. Jika kau tergolong tipe gamer seperti ini dan bermaksud ingin berhenti, satu-satunya cara untuk menangani rasa kecanduan yaitu dengan memangkas anggaran yang digunakan untuk game online.

Kamu harus disiplin dalam mengatur keuangan dan berani menahan diri agar tidak membelanjakan uangmu untuk hal-hal yang berkaitan dengan game. Bahkan bila perlu, kau bisa minta perlindungan keluarga atau orang yang kamu percaya untuk ikut mengelola uangmu, sehingga beliau pun bisa mengontrol pengeluaranmu.

4. Ganti Gadget dengan Spek Biasa

*Sumber: www.multigadget.insure

Beberapa game online diketahui memerlukan akomodasi pendukung yang memadai, mulai dari gadget dengan spesifikasi gahar hingga jaringan internet cepat demi menyingkir dari lag. Maka cara ampuh untuk menangani kecanduan game adalah dengan menghilangkan berbagai kemudahan pendukungnya.

Jika selama ini kamu memakai smartphone atau komputer dengan spek tinggi supaya mampu leluasa bermain game, ganti semua perangkatmu dengan spesifikasi yang umum-biasa saja. Kalau memungkinkan, batasi penggunaan internet di rumah, baik itu jumlah kuota maupun kecepatannya.

Intinya, hilangkan semua fasilitas pendukung game online. Dengan kemudahan yang terbatas dan sangat minim, kamu pun akan kesulitan memainkan game sehingga perlahan-lahan mulai meninggalkannya. Perlu diingat bahwa melakukan pergeseran seperti ini niscaya akan terasa berat, tapi sungguh pantas dicoba demi lepas dari ketergantungan game online.

5. Jangan Cari Informasi Apapun Tentang Game Online

*Sumber: www.theglobeandmail.com

Seorang gamer lazimnya selalu mengikuti berita apa saja yang bekerjasama dengan game yang sedang ia mainkan, misalnya perihal update versi game terbaru atau event-event tertentu. Yang perlu kamu tahu, membaca info-info seperti ini cuma akan memperbesar impian untuk bermain game.

Apalagi kalau ada update game baru yang lebih seru atau ada event yang menawarkan hadiah menggiurkan, pasti hasrat untuk bermain game akan makin menggebu-gebu. Karena itu kalau kamu sedang berupaya menangani kecanduanmu, seharusnya jangan pernah membaca atau mencari info apapun terkait game tersebut.

6. Explore dan Tekuni Hobi Lainnya

*Sumber: www.liveabout.com

Salah satu cara ampuh untuk mengatasi kecanduan game online adalah dengan menekuni hobi lain yang mampu lebih menguntungkan. Mulai kini, coba pertimbangkan hobi atau bidang apa yang sedang kamu minati selain game, kemudian tekuni dengan serius biar kau mampu melewatkan keinginanmu untuk bermain game online.

Jika kamu merasa tidak mempunyai kegemaran lain atau belum tahu ke mana arah minat dan bakatmu, mulailah untuk keluar dari zona nyaman dan menjajal hal-hal gres. Dengan cara mirip ini, siapa tahu kau bisa memperoleh minatmu di bidang lain yang mungkin jauh lebih berfaedah dan menyenangkan dari sekadar bermain game.

7. Habiskan Waktu Bersama Teman dan Keluarga

*Sumber: www.servingjoy.com

Saat telah kecanduan game, kamu mungkin telah lupa dengan dunia sekitar. Karena itu, menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat mampu jadi cara ampuh untuk mengalihkan perhatianmu dari game online. Cobalah menyempatkan waktu untuk berbincang-bincang dengan keluarga atau pergi hangout bareng sobat-sobat.

Lakukan kesibukan yang menyenangkan supaya perhatianmu sungguh-sungguh teralihkan dari game. Nikmati kebersamaan dengan mereka dan lupakan sejenak ihwal semua hal yang berhubungan dengan game online. Lakukan hal ini secara berkala hingga kau terbiasa berinteraksi dengan orang lain tanpa harus menimbang-nimbang game.

8. Kurangi Intensitas Mengobrol dan Bertemu dengan Teman Sesama Gamer

*Sumber: www.plentifun.com

Bergaul dengan sesama gamer otomatis akan makin membuatmu tenggelam ke dalam dunia game, pasalnya topik utama dialog niscaya selalu mengarah ke game yang kalian mainkan. Kaprikornus kalau kau sedang berusaha untuk menangani kecanduanmu, tak ada salahnya untuk mengurangi interaksi sosialmu dengan sesama gamer.

Hal ini bukan bermakna kamu mesti sungguh-sungguh putus kontak dengan mereka. Tetaplah berteman baik, hanya saja minimalisir intensitas konferensi kalian. Kalaupun berjumpa , usahakan cari topik dialog lain dan tidak mengungkit-ungkit soal game, sebab membicarakan game hanya akan memperkuat rasa candumu kepada game online.

9. Sibukkan Diri dengan Pekerjaan

*Sumber: www.earth.com

Buat kau yang sudah melakukan pekerjaan , ada baiknya mengalihkan perhatianmu ke pekerjaan demi menetralisir kecanduanmu terhadap game. Sebisa mungkin sibukkan diri dengan pekerjaan dan tuntaskan semua peran yang belum diatasi. Untuk melaksanakan hal ini tentunya membutuhkan motivasi yang cukup besar lengan berkuasa.

Pertama, yakinkan diri bahwa menyibukkan diri dengan pekerjaan akan jauh lebih berfaedah daripada main game. Kedua, buatlah target atau batas waktu pribadi yang berhubungan dengan pekerjaan, hal ini akan sungguh membantu memotivasi diri kau sendiri biar mampu lebih ulet bekerja.

10. Uninstall Game Secara Total

*Sumber: www.9gag.com

Cara yang disarankan untuk mengatasi kecanduan game online adalah prosesnya harus dikerjakan secara perlahan atau sedikit demi sedikit. Tapi jikalau kau punya tekad besar lengan berkuasa dan keberanian yang lebih, cara yang satu ini boleh saja dicoba.

Dengan meniadakan semua aplikasi game di gadget, kau otomatis akan berhenti memainkan game online dan lebih fokus pada hal lainnya. Jika mau cara yang lebih ekstrem lagi, kau mampu meniadakan akun atau huruf di dalam game yang kamu mainkan. Dengan demikian, kamu sungguh-sungguh terbebas dari game online yang selama ini membelenggumu.

Itulah 10 cara yang mampu kamu coba untuk menanggulangi kecanduan game online. Yang terpenting yaitu kau memiliki niat untuk berhenti, alasannya cara sebagus dan seampuh apapun tidak akan berhasil kalau kamu tidak memiliki tekad yang besar lengan berkuasa. Selamat mencoba tips-kiat di atas dan mudah-mudahan kau berhasil mengatasi kecanduanmu terhadap game online.

Ulasan

Apple macOS Sierra

82% Nilai

A wonderful serenity has taken possession of my entire soul, like these sweet mornings of spring which I enjoy with my whole heart. I am alone, and feel the charm of existence in this spot, which was created for the bliss of souls like mine. Gregor then turned to look out the window at the dull weather. Drops of rain could be heard hitting the pane, which made him feel quite sad.

Kelebihan

  • Good low light camera
  • Water resistant
  • Double the internal capacity

Kekurangan

  • Lacks clear upgrades
  • Same design used for last three phones
  • Battery life unimpressive

Hasil Ulasan Lengkap

  • Design 90%
  • Performance 80%
  • Camera 90%
  • Battery 70%
  • Price 80%
Exit mobile version